Kemampuan Apa Yang Harus Dikuasai sebagai Computer Network Engineer

Kemampuan Apa Yang Harus Dikuasai sebagai Computer Network Engineer?

Di era digital, kebutuhan akan jaringan internet dan komputer berperan penting bagi masyarakat. Peran seorang computer network engineering tidak bisa lepas dari hal tersebut. Tertarik menjadi computer network engineer? Jika iya, tahukah Anda kemampuan apa yang harus dikuasai sebagai computer network engineer

Seorang computer network engineer berperan dalam melakukan perbaikan dan pemeliharaan sebuah jaringan. Selain itu juga memiliki tugas untuk membuat topologi jaringan (IP address, VLAN), bandwidth management, membangun jaringan yang aman dan efisien, hingga mengaplikasikan keamanan jaringan.  

Kemampuan Yang Harus Dikuasai sebagai Computer Network Engineer

Untuk bisa menjadi seorang computer network engineer Anda perlu menguasai beberapa kemampuan, mulai dari soft skill hingga hard skill. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat menghasilkan output yang benar dan berkualitas.

Terdapat beberapa kemampuan yang penting dimiliki oleh seorang  computer network engineer. Mulai dari pengetahuan tentang dasar-dasar keamanan jaringan hingga kemampuan analisis.  

  1. Dasar dan Keamanan Jaringan

Kemampuan apa yang harus dikuasai sebagai computer network engineer? Pertama adalah kemampuan tentang jaringan yaitu dasar hingga keamanan. Dasar jaringan adalah seperti LAN, WAN, WLAN, dan lain sebagainya. 

Sedangkan peran seorang computer network engineer dalam keamanan jaringan adalah harus dapat membangun firewall yang kuat dan aman. Sehingga diharapkan jaringan memiliki keamanan yang baik untuk melindungi data-data penting didalamnya. 

  1. Subnetting IP

Subnetting IP berfungsi untuk membagi jaringan menjadi beberapa sub jaringan yang lebih kecil berdasarkan kebutuhan perusahaan. Tujuannya adalah agar penggunaan IP menjadi lebih efisien dan terpenuhi.  

  1. Routing

Proses pembuatan jalur untuk pengiriman data dalam bentuk paket pada  setiap router disebut dengan routing. Jenis routing yang digunakan adalah static dan dynamic routing

Fungsi static routing adalah untuk membuat jalur jaringan secara manual berdasarkan keinginan computer network engineer. Sedangkan fungsi dynamic routing adalah untuk membuat jalur jaringan secara otomatis berdasarkan pengaturan routing dinamis. 

Kemampuan Yang Harus Dikuasai sebagai Computer Network Engineer
  1. Switching

Switch memiliki beberapa port yang berfungsi sebagai koneksi fisik agar semua host dalam satu jaringan dapat saling terhubung. Oleh karena itu dibutuhkan teknik switching di dalamnya. Switching berfungsi untuk menghubungkan banyak host atau perangkat dalam satu jaringan. 

Teknik switching terdapat 2 jenis, yaitu VLAN dan trunking. VLAN berfungsi untuk mengelompokkan host dalam satu jaringan agar dapat saling terhubung. Sedangkan trunking berfungsi untuk menghubungkan host antar VLAN maupun yang berbeda jaringan. 

  1. DNS

Domain name system atau DNS berperan penting dalam sistem operasi jaringan yang terkoneksi dengan internet. Jika DNS terjadi error, maka seorang computer network engineer harus dapat menemukan alternatif penggantinya dengan tepat.  

  1. Kemampuan Analisis

Kemampuan analisis juga harus dapat dikuasai oleh seorang computer network engineer. Kegiatan ini seperti menganalisis berbagai level masalah IT yang terdapat pada perusahaan. Kemampuan analisis ini juga berkaitan erat dengan database dan desain jaringan.  

Sekarang Anda sudah tahukan kemampuan apa yang harus dikuasai sebagai computer network engineer? Yaitu mulai dari kemampuan dasar dan keamanan jaringan, subnetting IP, switching, routing, DNS, dan keamanan analisis. 

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang computer network engineer bisa mengikuti training cisco CCNA bersama kami di ID Networkers. Keunggulan yang kami tawarkan adalah:

  • Training cisco CCNA 200-301 enterprise pertama di Indonesia.
  • Materi dimulai dari basic.
  • Free konsultasi setelah masa training selesai.
  • Dilengkapi dengan perangkat CCNA yang lengkap.
  • Free join mailing list IDN.
  • Dapat bebas menggunakan lab di luar jam training.
  • Free mengulang training sebanyak 2 kali.
  • Free menginap di tempat training (khusus peserta dari luar kota).
  • Dilengkapi dengan trainer berpengalaman.
  • Training center dengan jumlah trainer tercertificed CCIE terbanyak.  

Tertarik mengikuti training cisco CCNA bersama kami? Anda bisa mengunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait program training. Atau Anda juga bisa langsung melakukan pendaftaran dengan klik disini