Sertifikasi AWS

Sertifikasi AWS yang Wajib Anda Pahami

Di era digital saat ini, kemampuan untuk mengelola infrastruktur cloud menjadi salah satu keterampilan yang sangat dihargai. Amazon Web Services (AWS) adalah salah satu penyedia layanan cloud terkemuka di dunia, dan memiliki sertifikasi AWS dapat membuka banyak peluang karir. 

Bagi para profesional khususnya, sertifikasi AWS ini dapat membantu mempelajari berbagai dasar dan keahlian terbaru dalam AWS. Selain itu, bermanfaat juga untuk mendapatkan pengakuan resmi dari AWS sebagai ahli dalam teknologi cloud computing. Cari tahu sertifikat apa saja yang wajib Anda dapatkan di sini!

Memahami Sertifikasi AWS

Penting untuk Anda pahami, AWS atau singkatan dari Amazon Web Service merupakan salah satu layanan cloud computing terkemuka di dunia. Mereka menawarkan fitur yang banyak dan bisa dimanfaatkan untuk pengembangan teknologi perusahaan Anda atau tempat Anda bekerja.

Saat ini sudah banyak perusahaan besar maupun startup yang menggunakan layanan cloud dari AWS untuk menunjang kebutuhan infrastruktur mereka. Untuk itulah, mendapatkan sertifikat Amazon ini menjadi hal yang sangat penting. Mengingat kebutuhan akan ahli dibidangnya yang terus meningkat.

Sertifikasi AWS adalah pengakuan resmi dari Amazon Web Services yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menggunakan layanan AWS secara efektif.

Sertifikasi AWS ini dirancang untuk berbagai tingkat keahlian dan peran pekerjaan, mulai dari pemula hingga ahli.

Mengapa Sertifikasinya Sangat Penting?

Ada beberapa alasan mengapa sertifikasi AWS sangat penting untuk didapatkan, antara lain:

  1. Meningkatkan Prospek Karir: Sertifikasi AWS diakui secara global dan dapat meningkatkan peluang kerja di berbagai industri.
  2. Validasi Keterampilan: Sertifikasi ini membuktikan bahwa Anda memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja dengan teknologi AWS.
  3. Pertumbuhan Profesional: Dengan mempelajari untuk mendapatkan sertifikasi, Anda akan mempelajari konsep-konsep baru dan terbaik di bidang cloud computing.
  4. Keunggulan Kompetitif: Memiliki sertifikasi AWS dapat membedakan Anda dari kandidat lain dalam pasar kerja yang kompetitif.

Selain itu, jika Anda memilih ID-Networkers sebagai tempat training untuk mendapatkannya, ini menjadi pilihan yang tepat.

Selama 4 hari, Anda akan dibimbing oleh trainer yang sudah berpengalaman di dalam dan luar negeri. Sehingga lulusan kami selalu berhasil mendapatkan tujuan yang ingin didapatkannya.

Lalu, apa saja sertifikasi AWS yang akan dan wajib dipelajari?

8 Sertifikasi AWS yang Wajib Dipelajari

Berikut ini adalah beberapa sertifikasi Amazon Web Service yang wajib untuk Anda pelajari.

  1. AWS Certified Cloud Practitioner

Training ini dirancang untuk Anda yang masih dalam tingkat pemula dan sangat cocok bagi mereka yang baru mengenal cloud computing dan ingin memahami konsep dasar AWS. Adapun materi yang akan dipelajari antara lain: Layanan dasar AWS, konsep cloud, keamanan, dan arsitektur dasar AWS.

  1. AWS Certified Solutions Architect – Associate

Diperuntukkan untuk tingkat menengah, sertifikasi ini dirancang untuk mereka yang memiliki pengalaman merancang aplikasi dan sistem di AWS.

Materi yang akan Anda dapatkan yaitu merancang arsitektur yang tangguh dan aman, serta mengimplementasikan layanan AWS sesuai dengan kebutuhan.

  1. AWS Certified Developer – Associate

Sertifikasi ini cocok untuk pengembang yang ingin menunjukkan kemampuan mereka dalam mengembangkan dan memelihara aplikasi di AWS.

Adapun materi yang akan dipelajari yakni engembangan aplikasi dengan AWS, penggunaan SDK, dan debugging.

  1. AWS Certified SysOps Administrator – Associate

Sangat cocok bagi tingkat menengah, yang mana sertifikasi ini fokus pada administrasi sistem, termasuk implementasi, pengelolaan, dan operasi di AWS.

Materi: Implementasi layanan AWS, pemantauan, dan pengelolaan operasi sehari-hari.

  1. AWS Certified Solutions Architect – Professional

Jika Anda sudah berada di tingkat lanjutan, ini akan sangat sesuai. Sertifikasi ini untuk para profesional yang memiliki pengalaman yang signifikan dalam merancang arsitektur AWS.

Materi: Desain dan implementasi arsitektur skala besar, pemilihan layanan AWS yang tepat, dan optimalisasi arsitektur.

Sertifikasi AWS yang Wajib Anda Pahami
  1. AWS Certified DevOps Engineer – Professional

Sama halnya dengan Certified Solutions Architect, ini juga cocok untuk tingkat lanjutan. Sertifikasi ini dirancang untuk mereka yang bekerja di bidang DevOps, dengan fokus pada penyebaran, operasi, dan otomatisasi di AWS.

Materi: Penyebaran aplikasi, manajemen infrastruktur sebagai kode, dan metode otomatisasi.

  1. AWS Certified Security – Specialty

Untuk tingkat spesialis, sertifikasi AWS ini cocok untuk profesional yang ingin memfokuskan karir mereka pada keamanan cloud.

Materi: Keamanan AWS, manajemen risiko, dan perlindungan data.

  1. AWS Certified Machine Learning – Specialty

Ini juga bisa Anda dapatkan untuk tingkat spesialis. Sertifikasi ini dirancang untuk mereka yang bekerja dengan machine learning di AWS.

Materi: Implementasi machine learning, optimalisasi model, dan layanan machine learning AWS.

Semua sertifikasi AWS tersebut bisa Anda dapatkan dengan belajar di ID-Networkers. Di sini, Anda berkesempatan untuk mendapatkan materi yang kami rancang sendiri dengan silabus yang sangat mudah dipahami, karena kami menyusunnya dalam Bahasa Indonesia.

Lalu, Mengapa Harus ID-Networkers?

Sebelum itu, perkenalkan, kami adalah ID-Networkers. Salah satu tempat training IT dan jaringan terbaik di Indonesia. Kami sudah hadir sejak tahun 2008 dan bertujuan untuk meningkatkan jumlah network engineer bersertifikasi di Indonesia dan Asia Pasifik.

Hingga pada tahun 2013, kami berhasil memperluas bisnis ke bidang Training & Konsultan, Manajemen Proyek, hingga solusi jaringan dan cloud system. Di sini Anda juga bisa mendapatkan sertifikasi AWS dengan berbagai keunggulan yang tak bisa didapatkan dari kompetitor kami.

Berikut beberapa keunggulan kami yang dapat Anda rasakan.

  • Gratis konsul after training dan jika perlu tindak lanjut akan ke proyek.
  • Dibebaskan “nge-lab” di IDN di luar jam training, khusus bagi peserta training
  • Ada update informasi bursa kerja untuk peserta training
  • Disediakan penginapan gratis bagi Anda yang berasal dari luar kota atau jauh dari rumah.
  • Selama masa pembelajaran, setiap peserta akan dipinjamkan akun AWS secara gratis.
  • Anda akan mampu memahami langkah-langkah troubleshooting pada layanan cloud computing AWS.
  • Anda juga akan bergabung di grup WhatsApp Training AWS. Sehingga setiap peserta bisa bertanya jika ada kesulitan dalam memahami materi ataupun ada masalah dengan troubleshooting yang berkaitan.
  • Trainer kami sudah berpengalaman di dalam dan luar negeri. Ini dia trainer ID-Networkers yang akan mengajari Anda: AJi Mufti Zakaria (COA, CKA), Moch Rafi Riadi (AWS SA, KCNA, CKA, CKAD, LINUX +, Microsoft Certified Trainer), dan Deni Rismanto (RHCSA).

Semua peserta pelatihan di ID-Networkers, diharapkan mampu melakukan administrasi dan manajemen pada AWS. Kami selalu menekankan agar peserta bisa memahami langkah-langkah troubleshooting pada layanan cloud computing AWS.

Silabus Pembelajaran

Berikut beberapa materi atau silabus yang akan Anda dapatkan untuk proses training ini, di antaranya.

  • Cloud Concept Overview
  • Cloud Economic and Billing
  • AWS Global Infrastructure Overview
  • AWS Cloud Security
  • Networking and Content Delivery
  • Compute
  • Storage
  • Database
  • Cloud Architecture
  • Automatic Scaling and Monitoring

Dengan durasi training selama 4 hari, kami sangat yakin Anda bisa menyerap materi pembelajaran secara maksimal. Dengan biaya investasi sebesar Rp2.500.000, Anda sudah bisa mendapatkan berbagai benefit dan keunggulan dari kami.Bagaimana, tertarik untuk bergabung? Yuk dapatkan sertifikasi AWS dengan belajar di ID-Networkers. Daftarkan diri Anda sekarang juga.