Apa yang Dimaksud Teknik Hacking

Apa yang Dimaksud Teknik Hacking?

Apa yang dimaksud teknik hacking? Teknik ini seringkali ditemukan dalam dunia teknologi dan informasi. Belakangan istilah tersebut mulai ramai di jagat media sosial setelah kemunculan berita data kementerian yang dihack oleh orang tak dikenal.

Teknik hacking merupakan istilah yang merujuk pada aktivitas di mana seseorang mencoba mengakses atau memanipulasi data, sistem komputer, jaringan komputer, dan perangkat elektronik lainnya secara tidak sah atau tanpa izin.

Apa yang Dimaksud Teknik Hacking dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Secara umum, istilah hacking ini sering dikaitkan dengan aktivitas ilegal atau tidak etis seperti pencurian data, merusak atau mengubah sistem, atau mencuri informasi pribadi.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua hacking bersifat negatif. Ada juga kegiatan hacking etis atau yang disebut sebagai pengetesan penetrasi, di mana seseorang dengan izin mencoba untuk menemukan dan memperbaiki kelemahan keamanan.

Teknik hacking sebagai konsep lebih kompleks daripada sekadar mencoba meretas atau mengakses ilegal. Ini juga dapat mencakup penelitian keamanan, pengembangan perangkat lunak, dan pemecahan masalah teknis. 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sistem yang terkena teknik hacking. Mengatasi hacking melibatkan serangkaian langkah untuk melindungi sistem komputer dan data dari serangan. Simak cara berikut ini:

  1. Pembaruan Perangkat Lunak

Pastikan sistem operasi, perangkat lunak, dan aplikasi Anda selalu diperbarui dengan patch keamanan terbaru. Pembaruan ini sering kali mengatasi kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh hacker.

  1. Firewall

Aktifkan dan konfigurasikan firewall untuk melindungi jaringan Anda dari akses yang tidak sah. Firewall dapat mengontrol lalu lintas masuk dan keluar yang memasuki jaringan Anda.

  1. Sandi Kuat

Gunakan sandi yang kuat dan kompleks untuk akun dan sistem Anda. Sandi yang kuat mengurangi risiko serangan brute force yang mencoba menebak sandi.

Yang Dimaksud Teknik Hacking
  1. Enkripsi

Gunakan enkripsi untuk melindungi data yang sensitif saat berada dalam penyimpanan maupun dalam transmisi. Ini akan mengurangi risiko data dicuri atau diretas.

  1. Otentikasi Multi-Faktor (MFA)

Aktifkan otentikasi multi-faktor di mana memungkinkan. MFA menambahkan lapisan keamanan tambahan dengan memerlukan lebih dari satu metode verifikasi untuk mengakses akun atau sistem.

  1. Pemantauan dan Deteksi

Gunakan perangkat lunak pemantauan jaringan dan deteksi intrusi untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan atau tidak biasa di jaringan Anda.

  1. Sosialisasi Keamanan

Edukasikan pengguna tentang praktik keamanan IT yang baik, seperti menghindari membuka lampiran atau tautan dari sumber yang tidak dikenal.

  1. Backup Data

Backup data secara teratur dapat membantu mengamankan data Anda, setelah itu simpan di lokasi yang aman. Ini akan membantu memulihkan data jika terjadi insiden keamanan seperti ransomware atau penghapusan data.

  1. Penilaian Keamanan

Lakukan penilaian keamanan secara teratur atau audit keamanan untuk mengidentifikasi dan mengatasi kelemahan dalam sistem Anda.

  1. Respons Terhadap Insiden

Siapkan rencana respons terhadap insiden keamanan untuk menangani serangan hacking jika terjadi, termasuk pemulihan data dan investigasi keamanan.

Mengatasi hacking membutuhkan pendekatan holistik yang mencakup teknologi, kebijakan, pendidikan, dan kesiapan dalam menanggapi insiden. Selalu penting untuk tetap waspada dan proaktif dalam menjaga keamanan sistem dan data Anda.

Ikutilah Training Hacking di ID Networkers

Bagi Anda yang ingin mengenal lebih dalam lagi mengenai teknik hacking, Anda bisa belajar ethical hacking di ID Networkers. Kami menyediakan pelatihan dan training yang berkualitas dengan harga terjangkau.
Lakukan pemesanan seat sekarang juga agar Anda tidak kehabisan kuota! Ikutilah training pentest di tempat kami dengan aman dan nyaman.