Apakah iOS sama dengan iPhone

Apakah iOS sama dengan iPhone?

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah iOS dan iPhone, dimana keduanya saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan. iOS merupakan suatu sistem yang dirancang khusus untuk ponsel iPhone. Lantas apakah iOS dengan iPhone itu sama? 

Perlu diketahui! iPhone adalah salah satu merek smartphone yang dirancang khusus oleh Apple Inc dan untuk menjalankan sistem dalam ponsel iPhone ini memerlukan suatu sistem operasi smartphone yang disebut iOS. Penjelasan lebih lanjut, simak di sini! 

Apa Itu iOS? 

iOS merupakan sistem operasi ponsel yang dikembangkan perusahaan Apple. iOS kepanjangan dari iPhone Operating System atau sistem operasi yang digunakan oleh iPhone. Artinya, iOS tidak bisa dioperasikan pada ponsel selain iPhone. 

Sebelumnya iOS disebut dengan iPhone OS dan diperuntukkan untuk perangkat Apple, seperti iPad, iPhone, dan iPod Touch. Sistem iOS pertama kali dikenalkan tahun 2007. Generasi iOS yang pertama ini mengusung beberapa fungsi dalam satu perangkat iPhone. 

Sistem iOS mendukung berbagai fitur browsing, pengiriman email, sampai pemutaran musik di satu perangkat. Namun, iOS pertama kali ini belum dilengkapi toko aplikasi App Store. 

Kemudian, pada tahun 2008 barulah Apple membuat toko aplikasi khusus iOS, yakni App Store. Pada perilisan App Store, SDK (Software Development Kit) juga ikut dirilis oleh Apple. Software ini berfungsi untuk pengembang aplikasi perangkat iOS. 

Untuk selanjutnya, iOS menghadirkan berbagai pembaruan versi terbaru yang bisa diakses lewat pengaturan di iPhone. Apple selalu mengembangkan sistem iOS dan pengguna iPhone bisa meng-updatenya setiap tahun. Berbagai Fitur yang dimiliki iOS adalah: 

  1. iMessage. Fitur yang memudahkan berkirim pesan pengguna iPhone tanpa memerlukan pulsa. 
  2. Facetime. Fitur panggilan video untuk ponsel iPhone. 
  3. Privacy. Pada versi iOS 12 telah dilengkapi fitur ini yang berguna mencegah media sosial serta konten yang disematkan agar tidak bisa melacak pengguna saat akses beberapa situs. 
  4. iCloud. Fitur penyimpanan data terpadu memudahkan Ada menyimpan berbagai data di iPhone. 
  5. Measure. Fitur yang bekerja  seperti penggaris yang bisa digunakan mengukur banyak hal. 
iOS sama dengan iPhone

Apa Itu iPhone? 

iPhone termasuk salah satu merek ponsel yang dirilis perusahaan Apple pertama kali pada 9 Januari 2007 yang diumumkan oleh CEO Apple Steve Jobs. Untuk selanjutnya, Apple selalu meluncurkan iPhone terbaru dengan pembaharuan iOS pada setiap tahunnya. 

iPhone dengan dukungan sistem iOS mempunyai beberapa fitur yang membedakan iPhone dengan Hp lainnya. Namun, perusahaan iPhone tidak memberikan informasi secara detail, tetapi yang jelas inilah beberapa fitur yang menarik di iPhone, yaitu: 

  1. Keyboard iPhone dapat dijadikan trackpad. Anda bisa mengalihfungsikan keyboard dengan menekan jari di bagian bawah layar maupun di tombol Space. 
  2. Mempunyai body belakang menjadi tombol tambahan. Fitur ini dapat diaktifkan lewat menu Setting-Accessibility-Touch-Back Tap- Pilih Lock Screen atau Siri atau Screenshot atau Control Center-double tap maupun triple tap
  3. Memakai flash kamera sebagai notifikasi. Flash pada kamera iPhone bisa dijadikan sebagai notifikasi. Anda bisa memakai fitur ini untuk pemberitahuan adanya pesan masuk atau telepon. 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, iOS dan iPhone adalah dua hal yang berbeda namun kedua tidak bisa dilepaskan satu sama lain. Di mana iOS adalah sistem operasi yang bisa membuat ponsel iPhone melakukan berbagai fungsinya, mulai dari berkirim pesan, panggilan, dan fitur lainnya. 

Pembeli dan pengguna iPhone pasti akan mendapatkan dan menggunakan sistem operasi iOS ini. Kemudian sistem iOS setiap tahunnya mendapatkan pembaharuan dari Apple yang membuat iPhone bisa tetap menjalankan fungsinya dengan baik. 

Namun, perusahaan Apple mempunyai ketentuan tentang jenis ponsel iPhone yang bisa mendapatkan pembaharuan iOS dan yang tidak. Demikianlah penjelasan tentang iOS dan iPhone yang menarik untuk diketahui. Bagi Anda yang ingin belajar menjadi iOS Developer dan bisa memahami begaimana pengoperasi iOS dengan baik dan benar. Maka Anda bisa belajar iOS Developer di ID Networkers. Untuk info selengkapnya, hubungi customer service kami sekarang juga. Semoga bermanfaat.