Apa Kelebihan dari iOS

Apa Kelebihan dari iOS

Bagi para pengguna iPhone tentu sudah tidak asing lagi dengan teknologi atau sistem bernama iOS. Terutama bagi para developer, mengetahui apa kelebihan dari iOS serta kekurangannya adalah hal yang wajib diketahui dan diingat di luar kepala.

iPhone Operating System atau sering dikenal sebagai iOS merupakan sebuah sistem operasi yang berfungsi untuk mengontrol fungsi perangkat menyeluruh. Berikut ini merupakan informasi tentang apa kelebihan dari iOS dan cara menjadi developernya yang harus Anda tahu.

Apa Kelebihan dari iOS? Simak Penjelasan Berikut

Dibandingkan dengan sistem android, iOS seringkali dikatakan lebih premium karena harga iPhone yang juga cenderung lebih mahal. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan sistem iOS yang wajib diketahui para developer.

  1. Keamanan Lebih Terjamin

Seperti yang diketahui oleh banyak orang bahwa keamanan sistem iOS lebih terjamin dibandingkan dengan android. Alasan utamanya adalah keamanan data pengguna yang menggunakan sistem kontrol ketat dan didukung oleh enkripsi end-to-end. 

  1. Tidak Mudah Panas

Berikutnya sistem iOS juga diketahui lebih tahan panas dibandingkan dengan gadget yang menggunakan android. Hal ini sangat menguntungkan karena ketika perangkat mengalami kenaikan suhu, sistem akan merespons secara otomatis misalnya mengurangi kecepatan prosesor.

  1. Performa Lebih Cepat

Jika membahas tentang kelebihan dari iOS tentu tidak jauh dari performanya yang cepat karena dibangun dengan bahasa pemrograman C. Karena hal tersebut akhirnya performa iPhone jadi lebih cepat meskipun RAM yang tersedia lebih kecil.

  1. Ekosistem Lengkap

Kelebihan keempat dari iOS adalah ekosistem lengkap meliputi iPhone, iPad, Apple Watch, Mac, AirPods, bahkan Apple TV. Jadi penggunanya tidak perlu khawatir jika lupa membawa gadget karena bisa tetap beraktivitas dengan perangkat lain seperti Mac atau Apple Watch.

  1. Pembaruan Sistem Operasi Konsisten dan Cepat

Dibandingkan dengan android, sistem pembaruan pada iOS diketahui lebih konsisten dan prosesnya juga cepat. Selain itu, ketika ada sebuah fitur baru muncul dari sistem iOS maka hampir semua tipe iPhone bisa menggunakannya.

  1. Pemulihan dan Pencadangan Mudah

Pemulihan sekaligus pencadangan dalam sistem iOS sangat mudah dan leluasa karena didukung oleh iCloud. Jadi penggunanya bisa mengakses atau memulihkan berbagai data kapanpun meski menggunakan perangkat yang berbeda.

Jadi kelebihan dari sistem iOS sangat beragam mulai dari keamanan lebih terjamin, ekosistem lengkap, hingga pembaruan yang lebih konsisten. Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, perangkat yang menggunakan sistem ini biasanya dijual dengan harga lebih mahal.

Cara Menjadi Developer Sistem iOS

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi developer sistem iOS, mengikuti kursus adalah langkah yang bisa dilakukan. Melalui ID-Networkers Anda bisa belajar dari awal hingga berhasil menjadi developer iOS handal, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pelajari Dasar Pengetahuan Sistem iOS

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari dasar pengetahuan sistem iOS, caranya dengan mengikuti kursus. Melalui ID-Networkers Anda bisa belajar mulai dari apa itu iOS, bagaimana sistem tersebut bekerja, dan diajar oleh trainer bersertifikat.

  1. Cari Tahu Apa Kelebihan dari iOS dan Kekurangannya

Selama belajar jangan lupa untuk mencari tahu apa saja kelebihan dari sistem iOS secara menyeluruh. Selain itu cari tahu juga kekurangannya dari berbagai sisi dan bandingkan dengan sistem android.

  1. Perluas Pengetahuan Terkait iOS

Terakhir jangan lupa untuk memperluas pengetahuan terkait iOS meliputi database dan network. Berbagai materi dan pengetahuan ini biasanya sedikit sulit jika dipelajari sendiri, jadi belajar melalui tempat kursus seperti ID-Networkers sangat disarankan.

Sekarang tidak perlu bingung lagi jika ingin belajar menjadi developer iOS, langsung saja daftarkan diri Anda di ID-Networkers. Setelah bergabung Anda bisa mempelajari segala hal terkait sistem ini mulai dari dasar, termasuk apa kelebihan dari iOS sendiri.