Apa Itu Jaringan LAN dan WAN

Apa Itu Jaringan LAN dan WAN

Kehidupan manusia sekarang ini membutuhkan jaringan komputer untuk menunjang kinerja. Dengan jaringan komputer inilah, Anda bisa berkomunikasi dengan mudah ke berbagai belahan dunia. Lantas, apa itu jaringan LAN dan WAN?

LAN merupakan kepanjangan dari Local Area Network dan WAN adalah Wide Area Network. Kedua jaringan komputer ini mempunyai fungsionalitas dan cakupan berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak di sini! 

Mengenal Tentang Apa Itu Jaringan LAN dan WAN? 

Jaringan LAN merupakan salah satu jaringan pada komputer yang umum digunakan di lingkungan lokal, misalnya sekolah, rumah, hingga kantor. Jaringan LAN dapat beroperasi pada kawasan geografis yang cukup terbatas. 

Jaringan LAN hanya bisa mencakup beberapa ratus meter sampai beberapa  kilometer saja. Jaringan LAN ini sudah terkoneksi dengan kabel atau Ethernet serta teknologi nirkabel atau WI-Fi. Penggunaan LAN memiliki skenario sebagai berikut: 

  1. Kawasan Jangkauan Sempit

Melakukan pertukaran file serta komunikasi pada kawasan geografi sama, misalnya dalam satu kantor satu sekolah, maupun satu rumah,

  1. Menggunakan Robot ke Kontrol Pusat

Robot secara otomatis akan terhubung dengan mekanisme kontrol pusat di suatu perusahaan yang menggunakannya. 

  1. Membangun jaringan sederhana

Membuat jaringan yang fungsinya sebagai sistem penjualan perangkat pengawas video toko ritel. 

  1. Sensor dan Meter Internet

Beberapa sensor serta meter internet akan terhubung untuk Segala (IoT) dengan hub pusat sebagai filter data sebelum dikirim ke cloud. 

LAN mempunyai karakteristik yang berbeda dengan WAN, yaitu mencakup kawasan kecil, contohnya di satu gedung sampai beberapa gedung yang lokasinya berdekatan. Kecepatan transfer data memang tinggi, tapi rendah bagian latensinya. 

Namun, Anda akan beruntung sebab biaya pemeliharaan dan implementasi cukup rendah. Selain Itu, pengaturan jaringan lebih sederhana daripada MAN dan WAN. 

Apa Itu WAN dalam Jaringan Komputer? 

Apa Itu Jaringan LAN dan WAN

Ketika membahas tentang apa itu jaringan LAN dan WAN, kedua ini saling berkaitan. WAN merupakan jaringan komputer yang bisa mencakup area geografis lebih luas daripada LAN. Bahkan jaringan komputer ini bisa menghubungkan hingga lintas benua dan negara. 

WAN berfungsi sebagai penghubung jaringan komputer dengan perangkat yang jaraknya jauh. WAN akan memakai infrastruktur jaringan publik, contohnya jalur sewa, kabel serat optik  dan satelit. 

Penggunaan WAN terjadi ketika pengguna ingin terhubung ke aplikasi secara aman di seluruh kawasan geografis yang luas. Inilah beberapa skenario dalam pemakaian WAN, yaitu: 

  1. Memfasilitasi Komunikasi Jarak Jauh

Dapat memfasilitasi komunikasi antar gedung atau antar kantor cabang yang berjauhan. Antar Karyawan bisa berkomunikasi untuk akses sumber daya bersama. 

  1. Pihak Ketiga bisa Akses 

Pengguna jarak jauh, partner eksternal, serta pihak ketiga dapat mengakses sumber daya internal di suatu perusahan dengan mudah. 

  1. Terhubung Layanan Berbasis Cloud 

Aplikasi bisa terhubung dengan layanan berbasis cloud. Data antar lokasi dapat direplikasi untuk pencadangan data serta pemulihan bencana. 

WAN mempunyai beberapa karakteristik khusus, misalnya kecepatan transfer data dan latensi sangat bervariasi menyesuaikan jarak geografi antara lokasi yang telah terhubung. Biaya pemeliharaan dan implementasi lebih tinggi daripada LAN. 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LAN adalah jaringan komputer yang mencakup kawasan kecil. Sementara WAN adalah jaringan komputer yang mencakup kawasan sangat luas.  

Penggunaan LAN banyak ditemukan di kantor atau sekolah. Untuk penggunaan WAN bisa menghubungan antar negara dan benua. Bagi Anda yang ingin belajar tentang jaringan komputer, Anda bisa mengikuti pelatihan jaringan komputer yang diselenggarakan oleh ID Networkers. 

Ikuti Pelatihan Jaringan Komputer di ID-Networkers

Itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu jaringan LAN dan WAN. Jika Anda memiliki ketertarikan dalam mempelajari jaringan komputer, ID-Networkers bisa menjadi solusi yang tepat.

ID-Networkers telah berpengalaman dalam bidang jaringan komputer dan siap membantu Anda menjadi networker technician dan programmer yang handal.  Di sini Anda akan mendapatkan ilmu dan mampu menjadi seorang ahli jaringan komputer. 

Kami juga menyediakan layanan switch carrier agar Anda mendapatkan pekerjaan impian. Tunggu apalagi bagi Anda yang ingin mengikuti pelatihan jaringan komputer, silahkan hubungi customer service kami sekarang!