Mengapa Linux Server Lebih Baik dari Windows

Mengapa Linux Server Lebih Baik dari Windows

Linux server dan windows adalah dua operating system populer dan paling banyak digunakan dalam pengoperasian komputer. Namun, banyak pengguna yang lebih suka menggunakan linux server dibandingkan windows. Lantas mengapa linux server lebih baik dari windows? 

Linux server adalah salah satu jenis sistem operasi sumber terbuka dengan stabilitas, fleksibilitas, dan keamanan. Linux server banyak digunakan para pengembang dan administrator sistem. Sedangkan, Windows Server merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Penjelasannya, simak di sini. 

Mengapa Linux Server Lebih Baik dari Windows? 

Berdasarkan data dari NetMarketShare, sejak tahun 2019 hingga 2021, pengguna windows di seluruh dunia mencapai 87,56%. Jumlah ini melebihi sistem operasi lain termasuk Linux.  

Meski pengguna windows lebih banyak, namun bagi pengguna yang pernah menggunakan kedua sistem operasi komputer ini, banyak yang mengatakan jika Linux Server lebih baik daripada Windows. 

Pernyataan tersebut bukan tanpa sebab, karena bagi pengguna kedua sistem operasi itu ada beberapa alasan mengapa Linux server lebih baik dari windows. Inilah beberapa alasannya: 

  1. Stabilitas dan Keamanan Lebih Baik Dari Windows 

Linux Server dikenal mempunyai sistem keamanan kuat serta komunitas aktif dalam mengidentifikasi sekaligus menambal celah keamanan. Pengguna Linux Server mempunyai kendali lebih baik di konfigurasi keamanan. 

Sedangkan bagi windows, meskipun Microsoft merilis pembaruan keamanan secara teratur, namun windows server cenderung menjadi target lebih besar terhadap serangan, akibat popularitasnya. 

  1. Linux Server Kinerja dan Stabilitasnya Konsisten 

Linux mempunyai kinerja yang stabil, cepat, sekaligus bisa berjalan sangat baik bahkan pada perangkat keras usia tua. Dari segi kecepatannya, Linux lebih unggul dibandingkan server windows. 

Linux bisa menangani secara multitasking meski banyak beban. Sementara pada Windows Server mempunyai model proses yang lebih berat, kondisi ini menjadi threadnya terpisah. 

  1. Linux Server Kinerjanya Lebih Cepat Dari Windows 

Kecepatan Linux Server sebenarnya lebih unggul dibandingkan server windows. Hal ini terjadi, karena Linux multitasking meskipun banyak beban. 

Sedangkan, pada Windows Server model proses lebih berat yang membuat thread terpisah. Windows dapat menjalankan alat yang berguna untuk pengoptimalan bawaan, seperti Resource Monitor serta Performance Monitor. 

Fungsinya untuk  peninjauan kinerja sistem secara real-time. Dari kelebihan inilah, maka Linux lebih unggul dalam kemampuan menangani multi koneksi secara bersamaan dengan responsif.  

Dari berbagai alasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Linux Server lebih baik dari Windows, karena Linux mempunyai sistem keamanan lebih ketat, fleksibilitas, dan stabilitas lebih dari Windows. 

Linux server juga lebih unggul dari segi kinerja dan kecepatan. Hal ini terjadi, sebab sistem operasi Linux mempunyai struktur file system lebih efisien dan rapi daripada windows. 

Linux lebih efisien jika menggunakan memori sekaligus sumber daya sistem lain. Akibatnya performa komputer akan meningkatkan secara keseluruhan. Namun, bagi Anda yang membutuhkan software familiar dan lebih banyak antarmuka pengguna Windows, maka Windows bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Tempat Belajar Linux Server Terpercaya 

Mengapa Linux Server Lebih Baik dari Windows

Bagi Anda yang ingin belajar lebih banyak tentang sistem Linux Server, maka Anda bisa berkonsultasi dengan pihak jasa terpercaya di ID Networkers. Kami merupakan tempat training IT sekaligus jaringan yang telah ada sejak 2008. 

Kami sudah berpengalaman dan mempunyai lulusan berkualitas. ID Networkers mempunyai beberapa pilihan materi yang dapat Anda pelajari melalui training di tempat kami. 

Semua materi yang akan dipelajari menggunakan bahasa Indonesia dan pastinya semua orang akan mudah memahaminya. Materi diajarkan langsung oleh ahlinya dan materi ini tidak akan Anda peroleh dari lokasi lain. 

Itulah penyebab Linux server lebih baik dari windows sebagai sistem operasi dan menjadi favorit pengguna di seluruh dunia. Untuk info lebih lanjut tentang training Linux server ketahui dalam pembahasan berikut. Semoga membantu.