Apa Fungsi dari Developer

Apa Fungsi dari Developer

Pengembangan perangkat lunak meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Itulah mengapa banyak yang tertarik dengan pekerjaan seorang developer. Lalu, apa fungsi dari developer?

Developer merupakan orang yang bertugas membuat aplikasi dan layanan berbasis website. Developer termasuk programer yang memiliki skill pemrograman. Seorang developer dapat mendesain situs web dan mengatasi masalah yang ada pada website.

Apa Fungsi dari Developer?

Berikut ini sejumlah fungsi dari developer.

  1. Memprogram situs website sesuai persyaratan, harapan, dan arahan dari klien atau manajer proyek.
  2. Menganalisis secara teksnis agar dapat mengidentifikasi dan memahami kebutuhan klien.
  3. Mendesain situs web termasuk komponen-komponen di dalamnya.
  4. Menjalankan pengujian untuk memeriksa seluruh fitur dalam website berfungsi dengan baik.
  5. Memantau dan memperbaiki masalah yang muncul selama dan setelah proses pengembangan website.
  6. Meneliti, merancang, menerapkan, dan mengelola situs website.
  7. Memodifikasi situs website jika perlu.
  8. Melatih pengelola website agar dapat menjalankan website tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab Setiap Level Developer

Pada dasarnya, setiap jenjang developer memiliki tugas dan fungsi tersendiri. Biasanya perbedaan jenjang ini tergantung pada lamanya pengalaman dan tingkat pengetahuan developer.

  1. Entry level developer

Seorang developer pemula bertugas membantu tim developer dalam semua aspek. Ia akan membantu terkait pengkodean, desain, dan sebagainya.

Sementara itu, tanggung jawab developer pemula yaitu mempelajari basis kode, mengatasi bug, mengikuti rapat pengembangan website, dan sebagainya.

  1. Mid-level developer

Developer tingkat menengah tidak banyak membantu tugas developer lainnya. Dalam bekerja, developer ini juga tidak butuh pengawasan. Sebab, mid-level developer telah dianggap mampu untuk melakukan tugasnya lantaran telah memahami pengkodean dalam proyek.

  1. Senior-level developer

Developer senior memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih besar. Ia harus mampu menciptakan website berkualitas, menciptakan aplikasi dengan kode yang lebih efisien, hingga memastikan website sesuai standar teknologi terkini.

Jenis-Jenis Developer

Mengenal Apa Fungsi dari Developer

Setelah mengetahui fungsi dan tugas developer, Anda juga perlu memahami jenis-jenis developer. Sebab, setiap developer sebenarnya memiliki fokus yang berbeda-beda. Berikut ini tiga jenis developer.

  1. Back-end developer

Back-end developer merupakan developer yang berfokus pada server. Tugasnya adalah membuat kode dan program untuk menjalankan situs web, basis data, maupun aplikasi.

  1. Front-end developer

Seorang front-end developer akan mengurusi desain visual situs website dan menulis kode untuk mengintegrasikan desain tersebut pada website. Developer ini juga bertanggung jawab terhadap SEO dan kinerja situs website.

  1. Full-stack developer

Full-stack developer merupakan developer paling multitasking. Disebut demikian karena ia mengambil tugas pengembangan server dan pemeliharaan situs web. Artinya, sull-stack developer mampu mengendalikan semua tugas yang berkaitan dengan pengembangan website.

Kualifikasi Developer

Agar dapat menjalankan fungsinya secara maksimal, developer harus memiliki keahlian khusus.

Developer haruslah memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait pengembangan website. Umumnya, developer memiliki latar belakang pendidikan berupa gelar sarjana di bidang teknik informatika, teknik komputer, atau jurusan sejenisnya.

Selain gelar akademik, developer setidaknya memiliki pengalaman dalam industri digital, khususnya pengembangan website. Developer harus memiliki keterampilan dalam menciptakan kode sehingga dapat menghasilkan website berkualitas sesuai keinginan klien.

Demikian sejumlah hal terkait fungsi, tugas, dan tanggung jawab seorang developer. Bagaimana, apakah Anda semakin tertarik untuk menjadi developer? Yuk mulai belajar untuk menambah pengetahuan dan keterampilan developer!

ID-Networkers menyediakan pelatihan untuk Anda yang tertarik dengan dunia IT. Kami berkomitmen membantu Anda membangun karier profesional sebagai developer. Serangkaian training kami lengkap sehingga Anda bisa mempelajari semua keterampilan secara menyeluruh.

Yuk langsung daftar training ID-Networkers dan bersiaplah menjadi developer paling dicari dalam industri teknologi!