Wifi : Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Cara Kerjanya.

Semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, secara tidak langsung membuat  masyarakat memburu jaringan internet yang cepat dan stabil. Bahkan Sebagian orang rela berdiam  diri di café atau rumah makan yang menyediakan Wifi gratis hanya dengan meneguk secangkir kopi di  tempat itu. 

Ya, Wifi yang banyak di buru oleh masyarakat lantaran perangkatnya mampu menyediakan jaringan  internet dengan koneksi yang cepat dan stabil. 

Apakah Kamu adalah salah satu pemburu Wifi gratis? 

Jika benar, apakah Kamu tahu apakah itu Wifi dan bagaimana sistem kerja Wifi hingga dapat  menyediakan koneksi yang cepat dan stabil itu? 

Jikan Kamu penasaran, yuk simak artikel berikut ini! 

Apa itu Wifi? 

Wifi adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi komunikasi yang cukup diunggulkan saat ini  yaitu, teknologi nirkabel. 

“Wireless Fidelity” atau Wifi ini mampu menghubukan beberapa perangkat untuk bertukar informasi  dua arah dengan bantuan gelombang radio. Teknologi yang satu ini memang cuku popular di kalangan  remaja. Menurut wifi Alliance yaitu seseorang yang memegang merk dagang wifi, teknologi ini  mempunyai definisi lain yaitu sebuah produk jaringan wilayah local nirkabel atau WLAN apapun yang  berdasar pada standar dari Institute of Electrical and Electronics Engineers atau IEEE 802.11. 

Definisi tersebut diungkapkan lantaran wifi mempunyai kemampuan untuk mengoperasikan sebuah  Local Area Network atau LAN dengan tanpa menggunakan kabel atau nirkabel. Sedangkan menurut  para ahli, wifi juga mempunyai beberapa definisi lainnya, seperti: 

a. Pengertian Wifi Menurut Priyambodo 

Priyambodo mengungkapkan bahwa Wifi adalah sebuah penyempurnaan dari komponen jaringan  internet melalui standar wireless networking nirkabel. 

b. Pengertian Wifi Menurut Onno W Purbo 

Menurutnya Wifi adalah sebuah jaringan yang menggunakan radio sebagai perantara antara  perangkat untuk bisa saling berbagi informasi yang bisa dipakai secara bersamaan dengan kecepatan  dan juga kapasitas tertentu yang bisa mempengaruhinya. 

c. Pengertian Wifi Menurut Yuhefizar 

Menurutnya Wifi adalah perangkat standar yang digunakan untuk komunikasi dengan menggunakan  jaringan local nirkabel yang jaringannya didasarkan oleh standar IEEE 802.11. 

d. Pengertian Wifi Menurut Doni Kurniawan 

Ia mengungkapkan bahwa Wifi sebenernya sudah ada sejak munclnya netbook Pentium tiga. Sehingga  bisa dikatakan bahwa Wifi tersebut merupakan sebuah teknlogi yang sudah ada sejak lama. Hingga  kemudian teknologi tersebut wajib disediakan di netbook Pentium empat dan generasi selanjutnya. 

Nama Wifi sendiri pertama kali digunakan sebagai sebuah nama komersial pada tahun 1991, tepatnya  di bulan Agustus. Pencetus nama wifi adalah Interbrand Corporation yaitu sebuah perusahaa  konsultasi brand yang dipekerjakan oleh Wifi Alliance. Interbrand Corporation telah ditunjuk langsu  oleh Wifi Alliance untuk membuat sebuah merek dagang sebagai pengganti IEEE 802.11b yang  dianggap sangat sulit diingat oleh para konsumen dan masyarakat umum. Dengan munculnya merek  dagang baru yaitu Wifi, diharapkan hal itu bisa menjadi merek dagang yang terkenal di kalangan  masyarakat dan pastinya mudah diingat. 

Sejarah Penemu Wifi : Hedy Lamarr 

Wifi di temukan oleh Hedy Lamarr yang lahir pada tanggal 9 November tahun 1914. Ia lebih dikenal  sebagai artis popular Hollywood yang mulai terkenal saat bermain di dalam sebuah film yang berjudul  Ecstasy. Film itulah yang akhirnya berhasil membuat Hedy Lamarr menjadi seorang artis Hollywood  terkenal pad amasa keemasan MGM (Metro-Golden-Mayer). 

Ternyata disamping memiliki paras yang cantik, Wanita yang lahir di Wina Austria ini juga dianggap  mempunyai otak yang sangat jenius. Hal ini terbukti di tahun 1942, dimana Hedy Lamarr berhasil  mematenkan produknya yang disebut dengan sistem komunikasi rahasia yang memakai frekuensi 

radio dalam bertukar data. Produk tersebut dianggap menjadi sebuah pondasi yang sangat kuat dan  penting di dalam teknologi komunikasi. 

Perempuan canti asal Wina ini mempunyai bakat di bidang matematika, kemudian Ia mencoba untuk  melakukan perlawanan terhadap Nazi. Hedy Lamarr yang pada saat Perang Dunia II ini adalah seorang istri dari Fritz Mandl terus mengamati tentang system kerja remote controlled torpedo. Tapi  sayangnya, teknologi semacam itu masi sangat rentan terhadap jamming yang asalnya dari para  musuh . Terdapat satu cara yang bisa digunakan untuk memanfaatkan titik dari kelemahannya yaitu  dengan menstabilkan sinkronisasi antara sinyal dari pengirim dan sinyal penerima. 

Di tahun 1940, Herdy Lamarrbertemu dengan George Antheil yaitu seorang compose music. Pertemuan antara kedua orang tersebut membuat Hedy Lamarr tertarik untuk mengajak George agar  mau membantunya dalam membuatkan sebuah alat yang bisa membantu dalam sinkronisasi.  Kemudian George pun membuat sebuah sistem dengan frekuensi 88. Frekuensi tersebut dibuat  berdasarkan dari jumlah tuts yang ada di piano. Supaya terhindar dari jamming, maka kemudian  dilakukan penggulungan kertas yang dapat membantu untuk sinkronisasi antara satu dan lainnya. 

Setelah 2 Tahun penemuan Wifi, membuat Hedy Lamarr memperoleh hak patennya sebagai sesorang  yang menemukan teknologi wifi. Awalnya nama dari konsep penemuan tersebut dinamai dengan  Frequeny Hopping. Akan tetapi, sekarang Namanya sudah diubah menjadi spread spectrum dengan ide dasar yang sama. 

Sejarah dan Perkembangan Wifi 

Wifi sendiri mempunyai sejarah yang cukup Panjang. Dari awal penemuannya sampai bisa  berkembang menjadi sebuah teknologi yang canggih dan populerseperti sekarang ini. Sejarah Wifi itu  sendiri bermula pad atahun 1985 atas kerja keras insinyur Amerika dengan penggunaan Teknologi  penyebaran spektrum radio yang digunakan dalam Wifi. Wireless LAN atau Wifi dibuat dan tersedia  untuk umum di Amerika Serikat dalam tahun 1985, tanpa lisensi dari Komisi Komunikasi Federal (FCC).Namun, usulan awal untuk menggunakan Wireless LAN dengn teknologi radio untuk public ini  dikemukan oleh Michael Marcus di tahun 1980, meskipun harus menunggu selama 5 tahun barulah  dibuat dan tersedia di negara-negara lain. 

Teknologi Wifi dibuat dan dikembangjan para engineer AS yang bekerja pad Institute of Elctrical and  Electronic Engineer (IEEE) berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan  802.16. Piranti Wifi sebenarnya bukan hanya bisa bekerja pada jaringan Wireless LAN, namun juga di  jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN). Organisasi Riset Ilmiah dan Industri negara 

negara Persemakmuran atau Commonwealth Scientitifc and Industrial Organization (CSIRO) sebuah  badn penelitian di Australia mengajukan hak paten dari teknologi jaringan 802.11, yang digunakan  Wifi pada tahun 1996. Wifi memiliki perjalanan Panjang, meskipun teknologinya telah merambah ke  kota-kota kecil dan beberapa daerah di negara-negara maju, penggunaanya di negara-negara  berkembang masih di bawah standar. Banyak kota dan Lembaga Pendidikan mempromosikan  Infrastruktur Wifi dalam premis mereka karena keberadaan wifi adalah Prospektif. 

Fungsi Wifi 

Sebagai teknologi yang digandrungi oleh banyak orang saat ini, Wifi tentu saja memiliki beberapa  fungsi yang mampu meringkan pekerjaan manusia

Fungsi-fungsi tersebut antara lain: 

1. Koneksi jaringan internet: pengguna akan dengan mudah mengakses internet tanpa kabel dengan  kecepatan yang memupuni dengan adanya Wifi 

2. Sebagai media untuk berbagai file: memungkinkan dua perangakt elektronik atau lebih untuk saling  bertukar data tanpa harus menggunakan kabel perantara. 

3.Menghubukan PC dan Smartphoe: dapat menghubungkan Smartphone dengan PC tanpa kabel  perantara. 

4. Menjalakan Smartphone sebagai Modem: kitab bisa menggunakan Smartphone menjadi modem  dengan menggunakan Hotspot. 

5. Menjadikan Koneksi Internet lebih cepat: kecepatan transfer data Wifi mampu mencapai 54 Mbs  menjadika koneksi internet kita lebih cepat dan mudah. 

6. Mencetak pada printer: mencetak dokumen dari PC ke printer tidak perlu menggunakan kabel USB. 

7. Mentransfer foto dan video dari kamera digital: dapat langsung memindahkan foto dan video hasil  karya anda ke Laptop atau PC anda. 

Cara Kerja Wifi 

Wifi beroperasi dengan bantuan gelombang radio, gelombang radio digunakan sebagai media transfer  data yang di minta maupun dikirimkan oleh pengguna Wifi. 

Signal gelombang radio yang digunakan kemudian dikirim ke router yang berperan sebagai  penerjemah kode atau biasa disebut istilah decoder. Setelah diterjemahkan oleh decoder, data  tersebut dikirimkan ke jaringan internet. 

Cara kerja Wifi menggunakan sistem dua arah di mana data yang diperoleh via internet dalam waktu  tang bersamaan juga melewati router untuk dijadikan kode dan kemudian dikirimkan Kembali menuju  adaptor computer nirkabel dalam bentuk signal radio.

Tertarik mengikuti training si IDN. ID? Kami menyediakan berbagai pilihan training cek disini.